Thursday, February 17, 2005

IKLAN SHAMPOO MENGERIKAN

Harian Jawa Pos, Februari 2005

Iklan Shampoo mengerikan


Di era industri saat ini, memang iklan adalah senjata yang ampuh untuk meningkatkan penjualan. Jika di depan anda adalah televisi, maka anda disuguhi berbagai macam iklan produk maupun jasa. Berbagai macam cara iklan menarik perhatian kita. Dari yang menyuguhkan angka statistik sebuah penelitian, menampilkan adegan-adegan lucu, hingga yang mengerikan.
Yang mengerikan ini salah satunya adalah iklan sebuah shampoo produk X. Iklan ini menggambarkan cowok keren yang sedang membelai rambut gadis idamannya di mobil. Karena sedang asyik dengan rambut indah si gadis, cowok keren tadi tidak melihat jalan, dan tiba-tiba menabrak ibu dan bayinya yang sedang menyeberang jalan. Tetapi, karena (mungkin) menggunakan shampoo hebat ini, bayi yang tertabrak justru senang dengan tertawa di udara. Dan gadis yang indah rambutnya ini dengan sigap menangkap bayi yang terbang ke langit sambil tertawa. Akhirnya…tentu saja semuanya berjalan happy ending. Si cowok keren semakin bangga dan si bayi selamat, keduanya karena gadis yang rambutnya indah tadi.
Apa yang mengerikan dari iklan ini? Tentu saja tentang anak yang ditabrak mobil tetapi justru senang dan tertawa. Bayangkan jika hal ini dilihat dan dipahami anak-anak secara lurus tanpa intepretasi. Mereka menjadi tidak waspada dan hati-hati jika menyeberang jalan. Jika tertabrak mereka justru akan senang dan yang pasti akan diselamatakan oleh orang lain. Maka, bagi pembuat iklan sekiranya dapat membuat iklan yang lebih mendorong imajinasi kretif dan positif.

E. Musyadad
Warga Epistoholik Indonesia
Jl. Ki Hajar Dewantara I No. 11 Jombang Jawa Timur 61419

No comments:

Post a Comment

Pesta Blogger 2008